.:: SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI GEREJA PANTEKOSTA di INDONESIA JEMAAT HOSANA KAROMBASAN MANADO ::.

.:: TOGETHERNESS TO OVERCOMES ::.

Mensyukuri 58 Tahun Pdt Edwin F Sumilat di Jalan Tuhan



Acara syukuran HUT ke-58 Pdt. Edwin F. Sumilat, S.Th., MA pada hari Minggu, 29 Maret 2015 di GPdI Hosana Karombasan Manado, berlangsung meriah dan penuh sukacita. Jemaat setempat merayakan dan mensyukuri ketambahan usia gembalanya, dengan mengadakan ibadah, santap kasih, foto bersama, dan lainnya, yang dikoordinir Hosana Care Karombasan (HCK) sebagai panitia pelaksana.

Malahan -lebih istimewanya-, ratusan anggota jemaat internal yang datang dengan membawa makanan masing-masing sebagai wujud kebersamaan, mendapatkan porsi ganda rohani melalui 2 kali ibadah. Pertama, Ibadah Raya Minggu yang seperti biasanya, dengan Pelayanan Firman Allah oleh Ibu Rohani (Pdt. Mieke Sumilat-Ukus). Dan, kedua, Ibadah Syukur yang dipimpin Pdt. John Awuy selaku Wakil Ketua Majelis Daerah (MD) GPdI Sulut.

Sambil menanti dan menyambut kehadiran para tamu undangan yang mulai berdatangan setelah berakhirnya ibadah pertama, jemaat yang masih “standby“ dalam suasana kegembiraan, memanfaatkan interval waktu dengan mempersembahkan puji-pujian secara bergantian. Diawali Vokal Grup “Feybe”, lalu menyusul para pelayan altar, ibu-ibu janda, pengerja, dan anak-anak sekolah minggu.

Ibadah syukuran pun dimulai dengan tetap dipandu Song/Worship Leader Pdt. Ibu Santy Runtuwene-Mumu, S.PdK dan Singers; Pdm. Sarah Ora, Sdri. Irene Dajoh, Pdm. Andris Pongantung, dan Bpk. Romi Mirah, serta diiringi pemusik (Ibu Ingried Permana-Sumilat, Bpk. Reagen Repi, Bpk.Jandry Nusa, Sdra. Presly Jacob, dan sdra. Israel Rumengan).

Melalui kesempatan bersaksi, Gembala didampingi Ibu Rohani mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Dia, yang atas kasih karunia-Nya telah memelihara dan memberkati kehidupan pribadi, keluarga, dan pelayanannya hingga saat ini. Selang 58 tahun kehidupannya, Sumilat telah mendapatkan seorang isteri pendamping yang setia, puteri semata wayang (Ingried Sumilat) yang sudah menikah dengan Charles Permana, dan 2 cucu (Abraham & Charlys Permana).

Selain itu, sederet tugas pelayanan dipercayakan kepadanya, sejak memberi diri dalam pekerjaan Tuhan. Diantaranya, menggembalakan sidang jemaat GPdI Hosana Karombasan Manado sejak tahun 1999, setelah sekitar 11 tahun memimpin Sekolah Alkitab Pontianak (Kalimantan Barat).

Berkaitan ucapan syukur tersebut, Awuy dalam khotbahnya, mengangkat beberapa esensi yang penting diketahui orang percaya. Mengambil nats pokok dalam Mazmur 57 : 8-11, Gembala GPdI Tondano ini mengingatkan, soal makna dan kualitas ucapan syukur. Menurutnya, pentingnya ada ucapan syukur kepada Bapa, karena merupakan jembatan dari berkat yang satu ke berkat lainnya. “Saat kita mengucap syukur atas berkat yang kita terima sekarang, itu berarti, kita membangun jembatan untuk berkat berikutnya,” jelas aktivis pelayanan ini di hadapan jemaat dan undangan yang hadir.

Itu sebabnya, apapun yang diberikan dan diijinkan Allah terjadi dalam kehidupan gereja Tuhan, tetaplah mengucap syukur. Mengucap syukur dalam segala hal (1 Tesalonika 5 : 18), adalah standar kehendak Dia. Bukan hanya disaat kita berhasil, tapi juga dalam situasi menghadapi ujian, cobaan, dan tantangan. Dicontohkannya, pemazmur yang hampir sebagian besarnya bermazmur, ketika diperhadapkan pada pergumulan. Dan, yang terpenting pula -sebagaimana diungkapkan Mazmur 139 : 14-, mensyukuri perbuatan-Nya yang ajaib dengan benar-benar menyadarinya. Kita bersyukur karena merasakan dan mengakui, betapa besar pertolongan Bapa. “Dasar ucapan syukur kita adalah kasih setia Allah,” tegas Awuy.

Sebab, segala jalan Tuhan adalah kasih setia dan kebenaran bagi yang berpegang pada perjanjian dan peringatan-Nya (Mazmur 25 : 10). Begitu pula, tambahnya, 58 tahun kehidupan suka dan duka Pdt. Edwin F. Sumilat di jalannya Dia merupakan wujud kasih setia Bapa yang patut disyukuri bersama. Akhirnya, sebelum hajatan syukuran yang dipanitiai HCK pimpinan Deasy Somba, SE., MMPd berakhir dengan ramah tamah dan berfotoria, Gembala dan keluarga beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Prof. Dr. Paula J. Runtuwene, M.Si., DEA didoakan secara khusus oleh Ketua MD GPdI Sulut Pdt. Ibu Yvonne Awuy-Lantu bersama Hamba Tuhan lainnya seperti; Pdt. John Awuy, Pdt. John Keintjem, Pdt. Robby Ticoalu, dan Pdt. Pilemon Assa.


Tags :



Berita Terkait