.:: SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI GEREJA PANTEKOSTA di INDONESIA JEMAAT HOSANA KAROMBASAN MANADO ::.

.:: TOGETHERNESS TO OVERCOMES ::.

Produk "Lenso Collection" HCK Layak Ekspor



Sejak mendapatkan kesempatan/peluang menjadi entrepreneur sesuai bakat keahlian/ketrampilannya, para ibu-ibu internal jemaat yang dipersiapkan masuk dalam Kelompok Usaha Jemaat (KUJ) Sandang (konveksi/garmen/handycraft) binaan/bentukan HOSANA Care Karombasan (HCK), sudah mulai action.    

Motivasi yang terus menerus dari Ibu Rohani Pdt. Mieke Sumilat-Ukus, Ketua Pelayanan Diakonia -yang juga selaku- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara Olvie Atteng, SE., M.Si, dan Deasy Somba, S.Pd., M.Pd, MM (pengusaha & pimpinan yayasan pendidikan perguruan tinggi beraset miliaran rupiah) sejak akhir Maret 2014 lalu, telah ditindaklanjuti wirausahawati-wirausahawati ini dengan membuat dan menghasilkan karya perdana berupa taplak meja, sarung bantal, dan bedcover.  

Meski tempat usaha yang permanen masih dalam penyiapan oleh pengurus HCK, namun produk-produk berlabel nama “Lenso Collection” tersebut, sudah diperkenalkan ke khalayak umum.  Keuntungan istimewa memiliki akses promosi dan publikasi, dimanfaatkan dengan mensosialisasikan hasil karya para pengrajin HCK melalui website jemaat dan media massa, serta mengikuti pameran/expo yang digelar pihak eksternal.  Diantaranya, melalui ajang perkenalan produk khas daerah Nyiur Melambai pada kegiatan World Coral Reef Conference (WCRC) 13-16 Mei 2014 di Manado Convention Center (MCC), yang mendapat perhatian banyak pengunjung. 

Bahkan, ketika diundang menjadi peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengembangan Produk Handycraft untuk Tujuan Ekspor yang digelar Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI bekerjasama dengan Direktorat Kerjasama Pengembangan Ekspor DJPEN dan Disperindag Prov. Sulut, selama 2 hari (20-21/05) di Hotel Aryadutha Boulevard Manado, perwakilan dari HCK –Ibu Sjuultje Lotulong-Kussoy dan sdri. Misca- berkesempatan berkonsultasi untuk pengembangan desain produk.   Sampel produk “Lenso Collection” berupa taplak meja yang ditunjukkan kepada pemateri dari pusat -Laily Suharlina Mahalli- langsung mendapat pengakuan layak untuk diekspor ke luar negeri.  “Tinggal ditambah variasi ragam hias kedaerahannya dan tingkatkan terus kualitas kerapian jahitannya.” saran konsultan sekaligus pelaku bisnis kerajinan tangan nasional ini. 

Terakhir, HCK mendapat order 300 tas ramah lingkungan untuk cenderamata dari salah satu instansi pemerintah, yang telah disanggupi para pengrajin yang dikoordinir Ibu Lies Ruru-Tattu.


Tags :



Berita Terkait