.:: SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI GEREJA PANTEKOSTA di INDONESIA JEMAAT HOSANA KAROMBASAN MANADO ::.

.:: TOGETHERNESS TO OVERCOMES ::.

"Jaminan Pertolongan-Nya"


Ringkasan Khotbah, Minggu 19 April 2015


PEMBICARA
Pdt. Ronny Luwuk

AYAT POKOK
Mazmur 46 : 1-4





Firman Allah kembali memberikan jaminan perlindungan, kekuatan, dan pertolongan dalam kesesakan, bagi setiap orang percaya.

Bani Korah dalam puji-pujiannya, mengimani hal tersebut, bahwa Bapa adalah tempat perlindungan, sumber kekuatan, dan sebagai penolong yang sangat terbukti (ayat 1-2). Itu sebabnya, ayat 3a menjamin gereja Tuhan tak akan takut menghadapi segala bentuk ujian, cobaan, dan tantangan. Bahkan, hingga 4 kali, pemazmur menyebutkan kata “sekalipun” antara lain; bumi berubah, gunung-gunung goncang di dalam laut, ribut dan berbuih airnya, dan gunung-gunung goyang oleh geloranya (ayat 3b-4).

Apa maknanya? Hal ini mengandung nubuatan. Artinya, akan terjadi sesuatu yang hebat di bumi tempat kediaman manusia. 2 Timotius 3 : 1-5 juga telah menubuatkan tentang keadaan akhir zaman. Disebutkan, pada hari-hari terakhir, akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, menjadi pemfitnah, memberontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, dan lebih menuruti hawa nafsu daripada mengikuti kehendak-Nya.

Ini berbicara tentang moral manusia yang semakin rusak dan jahat. Dan -hal ini pula-, selain menjadi persoalan bangsa, juga beban pergumulan gereja. Sebab, secara lahiriah, mereka menjalankan ibadah. Tapi, pada hakekatnya, mereka memungkiri kekuatannya. Alkitab menegaskan, jauhilah mereka itu.

Sebagaimana disebutkan diatas, 3 hal yang menjadi jaminan bagi kita sebagai orang percaya, yakni;

1. Dia sebagai tempat perlindungan. Di dunia ini, tidak ada satu tempat dimana pun yang aman untuk melindungi diri, selain berlindung hanya kepada Yesus Kristus saja. Daud pun mengakui, hanya dekat Allah saja ada ketenangan (Mazmur 62 : 2).

2. Tuhan sumber kekuatan. Kita semua bisa ada hingga saat ini, hanya oleh karena kekuatan yang berasal dari-Nya,

3. Sebagai penolong dalam kesesakan yang sangat terbukti. Daniel 3 : 1-30 menunjukkan salah satu bukti nyata pertolongan Bapa terhadap orang percaya yang mengandalkan Dia. Meskipun, peluang selamat dari hukuman perapian hanya 0 persen, namun ternyata Sadrakh, Mesakh, dan Abednego menjadi saksi pertolongan Allah yang benar-benar terbukti. Amin!!!